JOB DESCRIPTION DAN JOB SPECIFICATION
A. Job Description
Job description (uraian jabatan) merupakan dokumen
formal organisasi yang berisi ringkasan informasi penting mengenai suatu
jabatan untuk memudahkan dalam membedakan jabatan yang satu dengan yang lain dalam
suatu organisasi. Uraian jabatan tersebut disusun dalam suatu format yang
terstruktur sehingga informasi mudah dipahami oleh setiap pihak yang berkaitan
di dalam organisasi. Pada hakikatnya, uraian jabatan merupakan bahan baku dasar
dalam pengelolaan SDM di organisasi, dimana suatu jabatan dijelaskan dan
diberikan batasan.Uraian pekerjaan (job
descriptions) dan uraian jabatan diketahui serta disusun berdasarkan
informasi yang telah dihasilkan oleh analisis pekerjaan.
Uraian pekerjaan harus jelas dan persepsinya mudah dipahami,
serta menguraikan hal-hal berikut :
- Identifikasi pekerjaan atau jabatan, yakni memberikan nama jabatan, seperti rektor, dekan, dosen, dan kabag administrasi.
- Hubungan tugas dan tanggung jawab, yakni perincian tugas dan tanggung jawab secara nyata diuraikan secara terpisah agar jelas diketahui. Rumusan hubungan hendaknya menunjukkan hubungan antara pejabat dengan orang lain di dalam maupun di luar organisasi.
- Standar wewenang dan pekerjaan, yakni kewenangan dan prestasi yang harus dicapai oleh setiap pejabat harus jelas.
- Syarat kerja harus diuraikan dengan jelas, seperti alat-alat, mesin-mesin, dan bahan baku yang akan dipergunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut.
- Ringkasan pekerjaan atau jabatan, hendaknya menguraikan bentuk umum pekerjaan dengan hanya mencantumkan fungsi-fungsi dan aktivitas utamanya.
- Penjelasan tentang jabatan di bawah dan di atasnya, yaitu harus dijelaskan jabatan dari mana si petugas dipromosikan dan ke jabatan mana si petugas akan dipromosikan.
B.
Job
Specification
Spesifikasi pekerjaan (job specification)
disusun berdasarkan uraian pekerjaan dengan menjawab pertanyaan
tentang ciri, karakteristik, pendidikan, pengalaman dan yang lainnya dari orang
yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut dengan baik. Spesifikasi pekerjaan
menunjukkan persyaratan orang yang akan direkrut dan menjadi dasar untuk
melaksanakan seleksi.
Spesifikasi pekerjaan adalah uraian
persyaratan kualitas minimum orang yang
bisa diterima agar dapat menjalankan satu jabatan dengan baik dan
kompeten. Pada umumnya spesifikasi pekerjaan memuat ringkasan pekerjaan yang
jelas dan kualitas definitif yang dibutuhkan dari pemangku jabatan itu.
Spesifikasi pekerjaan memberikan uraian informasi mengenai hal-hal berikut:
1. Tingkat
pendidikan pekerja.
2. Jenis
kelamin pekerja.
3. Keadaan
fisik pekerja.
4. Pengetahuan
dan kecakapan pekerja.
5. Batas umur
pekerja.
6. Nikah atau
belum.
7. Minat
pekerja.
8. Emosi dan
temperamen pekerja.
9. Pengalaman
pekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar